Saturday, 3 March 2012

Tutorial Membangunkan Radio Online Sendiri

http://1.bp.blogspot.com/-gakJW0P738g/ThS_Fn8lrJI/AAAAAAAAEBs/J9m2fEEl3S4/s320/radio-on-line.gifUntuk membangun radio online tidaklah terlalu sulit. Dana yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa layanan gratis untuk membangun radio online ini. Untuk melakukan siaran pun tidak perlu perangkat yang mahal. Cukup dari komputer/laptop yang telah Anda miliki dan ditambah koneksi Internet.

Ada dua pilihan server untuk membangun radio online, SHOUTcast dan Icecast. Kali ini akan dibahas penggunaan server SHOUTcast karena lebih umum digunakan, terutama di radio-radio komunitas online.

Apabila Anda ingin melakukan instalasi SHOUTcast di server atau webhost yang Anda miliki, perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah Anda memiliki akses SSH ke server yang Anda miliki tersebut.

Untuk tahapan instalasi di server Windows atau ingin membuat host SHOUTcast langsung dari komputer Anda, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Unduh SHOUTcast DNAS 1.9.8 di http://yp.SHOUTcast.com/downloads/sc1-9-8/SHOUTcast-dnas-1-9-8-windows.exe

2. Jalankan file instalasi tersebut. Pada jendela seperti di bawah ini, centang Option berikut.

3. Setelah selesai instalasi, akan muncul file konfigurasi seperti ini.


4. Beberapa parameter di file tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Parameter-parameter yang disarankan untuk diedit antara lain:

MaxUser: untuk mengatur kapasitas pendengar yang sanggup ditampung server Anda. Berikut adalah rumusnya:

Kecepatan bandwidth server Anda / Bitrate yang Anda broadcast = Jumlah pendengar

Password: berguna bagi seorang broadcaster untuk mengakses server SHOUTcast agar mereka bisa siaran.

TitleFormat: untuk mengatur judul depan siaran anda.

5. Untuk menjalankan server, buka program SHOUTcastDNAS pada Program Files.

6. Selanjutnya, unduh Edcast untuk Winamp di http://www.caster.fm/edcast/edcast_winamp_3.1.21.exe

Bagi Anda yang tidak ingin keluar uang sepeser pun, tidak perlu khawatir. Pasalnya, tersedia beberapa layanan gratis untuk menggunakan kedua pilihan server ini.

Untuk penyedia layanan SHOUTcast server gratis antara lain: listen2myradio.com, streamvera.com, webradiogratis.com, dan freestreamhosting.com, sedangkan untuk penyedia layanan Icecast server gratis antara lain: listen2myradio.com dan caster.fm.

-InfoKomputer

Komen Anda

0 Responses to "Tutorial Membangunkan Radio Online Sendiri"