Tuesday, 31 January 2012

Review Advan Vandroid T1C

Dengan perbaikan di sana-sini, kemampuan komputer tablet ini menjadi lebih prima dibandingkan versi awalnya yang mengidap banyak kekurangan.


Produk baru biasanya menawarkan sesuatu yang baru dan membuat orang penasaran. Namun di balik kebaruannya itu, produk ini menyimpan risiko yang kerap dicemaskan banyak orang (misalnya kurang mumpuni-nya kemampuan, atau detail minim).

Begitulah yang terjadi pada Vandroid T1, komputer tablet perdana Advan yang sempat menuai kritik akibat kinerjanya yang lamban dibandingkan kompetitor yang ada.

Namun tak lama setelah seri awal ini masuk ke pasar, Advan segera melakukan penyempurnaan di tablet berikutnya, meluncurlah Vandroid T1C yang secara fisik bak pinang dibelah dua dengan T1. Tak ada bentuk fisik yang berbeda.

Yang paling mudah dibedakan hanyalah bobot seri T1C yang kini setidaknya 2x lebih berat. Tampaknya besarnya bobot ini karena ada penambahan di bagian dalam yang membuat bobot komputer tablet tak seperti dulu. Meski prosesor yang diusung masih tipe sejenis (Qualcomm MSM 7227-1 Arm 11), clock di T1C ini lebih tinggi 200 MHz dari seri T1. Kinerja pun kami perkirakan lebih baik.

Perbaikan yang cukup berarti muncul pula pada sistem touchscreen di layar 7” Vandroid T1C. Kode C di sini mengindikasikan bahwa komputer tablet sudah memakai jenis layar kapasitif yang aksesnya lebih enak dengan jari tangan. Penggunaan layar yang juga sudah mendukung multitouch ini menjadi lebih enak khususnya saat kita ingin melakukan perbesaran image.

Sayangnya, sistem sensor di komputer tablet tampaknya mengharuskan Anda untuk melakukan penekanan jari dengan agak keras. Jika tidak, sensor terkadang salah memosisikan lokasi penekanan di layar tablet. Respon menu di antarmukanya sendiri kurang nyaman/halus. Namun dibandingkan model awal, hal ini sudah sedikit lebih baik.

Dengan bekal prosesor berkecepatan hingga 800 MHz, Vandroid T1C tampil lebih gegas saat menjalankan aplikasi mulai dari mengolah dokumen, melakukan preview foto, hingga bermain game. Meskipun masih mengusung chip grafis yang sama dengan tipe sebelumnya (Adreno 200), kemampuan olah grafis produk ini tampak lebih baik. Beberapa game dengan keperluan grafis agak berat kini berjalan lebih lancar di komputer tablet ini.

(Deny Prasetyo)
****
Secara keseluruhan kemampuan Vandroid T1C masih tergolong biasa, meskipun sudah ada perbaikan di sana-sini. Wajar saja, tablet yang satu ini dijual sangat kompetitif (sekitar Rp2 juta) dibandingkan merek lain yang lebih mahal. Anda pun akan bisa mengirim dan menerima telepon dan SMS dari perangkat ini. Tabel benchmark kami juga menunjukkan kinerja komputer tablet yang cukup baik saat dipakai bekerja dan bermain (dengan kualitas koneksi nirkabel yang terbilang lebih bagus dari model terdahulu).

Hasil Pengujian
Pengujian
Advan Vandroid T1
Advan Vandroid T1C
Smartbench 2011 – Productivity
226
566
Smartbench 2011 – Games
181
549
Linpack for Android
4,435 MFLOPS
9,718 MFLOPS
NenaMark2
- fps
- fps
*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi Advan Vandroid T1C
Prosesor
Qualcomm MSM7227 ARM11 600 MHz
RAM
256 MB
Kartu grafis
Adreno 200
Jaringan seluler
GSM 850/900/1800/1900 MHz UMTS 850/2100 MHz
Internal storage
192 MB NAND Flash + microSD 2 GB
Wireless
WiFi (802.11 b/g/n), Bluetooth 2.1 + EDR, GPS, 3G/HSDPA-HSUPA
Koneksi lain
Mini USB
Kamera
2 MP
Layar
7” / 800x480 pixel (WVGA) Capacitive touchscreen
Bobot
376 gram
Dimensi
19,8x11,8x1,4 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp2.200.000
* Intech Surya Abadi, (021) 6583-0222; Minggu pertama Agustus 2011


Kamera Belakang
Untuk melengkapi kebutuhan merekam foto-video, sebuah kamera 2 megapixel sudah disediakan di punggung komputer tablet. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap.






Reset Darurat
Jika komputer tablet berperilaku aneh (hang atau tak berjalan normal) dan tetap demikian meski sudah di-restart ulang, silakan tusuk saja tombol reset tersembunyi ini.





Slot Kartu
Posisi slot untuk kartu microSD dan kartu SIM diletakkan berdampingan dan mudah diakses. Dalam paket standar sudah disediakan kartu microSD berkapasitas 2 GB.





Plus
: Fasilitas cukup lengkap; perbaikan kinerja cukup baik; layar kapasitif dan multitouch; ada panel navigasi; baterai awet; harga terjangkau.

-infoKomputer

Komen Anda

0 Responses to "Review Advan Vandroid T1C"