Monday, 5 December 2011

Facebook Tingkatkan Batas Maksima Hingga 63.206 Karakter

altApakah Anda tergolong orang yang suka meng-update status dengan kalimat yang panjang? Atau Anda ingin pula menampilkan isi dari sebuah buku yang memiliki karakter cukup banyak? Sekarang hal ini bisa dimungkinkan dengan adanya penambahan jumlah karakter yang bisa ditampilkan pada status Facebook.

Pada hari Rabu (30/11), Facebook kembali meningkatkan kapasitas maksimal karakter yang bisa ditampilkan menjadi 63.206 karakter. Sebuah peningkatan yang drastis di mana sebelumnya jumlah maksimal karakter yang bisa ditampilkan "hanya" sebesar 5000 karakter.

Di awal kemunculannya, Facebook hanya mampu menampilkan 160 karakter. Pada Maret 2009, batas ini naik menjadi 420 karakter dan berlanjut pada Juli 2011 menjadi 500 karakter, kemudian hingga 5000, dan sampai akhirnya naik kembali menjadi 63.206 karakter.

Facebook sendiri tidak memberi alasan jelas mengenai hal ini. Namun, tampaknya Facebook hendak membuat situs jejaring sosialnya menjadi lebih fleksibel dalam menampilkan sebuah posting dari penggunanya. Bisa jadi juga untuk menyaingi salah satu kompetitornya, Google+ yang memberi batasan hingga 100.000 karakter.

Lalu, mengapa Facebook menggunakan angka 63205 sebagai batasan jumlah karakter? Bob Baldwin, seorang teknisi Facebook, menjelaskan alasannya, "Kami membuat batasan maksimal jumlah karakter menggunakan metode yang agak unik. Diambil dari kata Facebook dengan rincian 'Face' dan 'Boo(K)' dengan rumus FACE - K dimana diubah menjadi bilangan hex, maka menjadi 64206 - 1000 = 63206."

Dijelaskan pula bahwa, jika Anda memposting melebihi batas maksimal karakter, Facebook akan menampilkan pesan peringatan "Status update too long".

Penambahan batas maksimal hingga 63.206 karakter membuat Facebook jauh meningggalkan apa yang ditawarkan Twitter. Twitter sendiri memberi batasan maksimal hanya sampai 140 karakter saja. Saat Facebook terus meningkatkan jumlah karakter, Twitter tampak masih menikmati fasilitas yang ditawarkannya.

Meski secara teori karakter maksimal bisa mencapai 60.000 lebih, namun kemampuannya secara nyata masih bisa dipertanyakan. Beberapa pengguna pernah mencoba membuktikan hal tersebut. Namun belum sampai pada batas tersebut, beberapa browser malah mengalami hang dan memunculkan pesan 'not responding'.

-InfoKomputer

Komen Anda

0 Responses to "Facebook Tingkatkan Batas Maksima Hingga 63.206 Karakter"